Monday 6 February 2012

studi kasus dialmart

Dalam Penulisan skripsi ini, saya ingin mengetahui keputusan konsumen untuk berbelanja di DialMart dan kepuasan konsumen terhadap pelayanannya. Pada penelitian yang dibuat saya menggunakan kuesioner untuk mengetahui pendapat konsumen tentang DialMart yang dikenal dengan servis kemudahan didalam berbelanja, dimana dalam penelitian ini, pertanyanan didasarkan pada teori tahap - tahap keputusan dan kepuasan konsumen. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis tabulasi, Linear Numeric Scale dan Diagram Kartesius. Dari hasil analisis, diketahui beberapa hal yang mencakup tahap - tahap dari keputusan pembelian yaitu untuk pengenalan masalah, dimana konsumen ingin menjadi anggota DialMart karena menghindari kemacetan serta kemudahan berbelanja yang ditawarkan oleh DialMart.

Untuk tahap pencarian informasi, konsumen banyak mengetahui tentang DialMart secara komersial ( iklan, wiraniaga, brosur, dan pameran ), selain itu sumber pribadi ( keluarga, teman, tetangga, dan kenalan ) merupakan sumber informasi kedua yang terbanyak. Untuk tahap evaluasi alternatif diketahui bahwa peran iklan dalam meyakinkan konsumen untuk berbelanja di DialMart secara rata - rata biasa saja, dan diketahui pula bahwa responden tidak terpengaruh oleh promosi - promosi yang memberikan fasilitas diskon.

Untuk tahap keputusan pembelian, diketahui bahwa alasan konsumen berbelanja di DialMart karena praktis. Untuk tahap prilaku setelah pemhelian diketahui bahwa konsumen secara rata - rata adalah puas. Kualitas jasa menerangkan bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh lima buah variable, yang terdiri dari reliability, responsiveness, confidence, emphaty dan tangibles. Dalam penelitian ini digunakan. diagram kartesius. Hasil penelitian ini ialah responden merasa sangat puas dengan kinerja perusahaan sekarang ini. Dari konsumen sendiri mempunyai harapan - harapan dimana diharapkan bahwa pihak DialMart lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan jasanya.

No comments:

Post a Comment